Depan > Index Berita > UHAMKA Gelar Kuliah Umum Kependudukan Dan Keluarga Berencana
UHAMKA Gelar Kuliah Umum Kependudukan Dan Keluarga Berencana
Rabu, 20 September 2017

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR Hamka (FKIP UHAMKA) menggelar kuliah umum Kependudukan dan Keluarga Berencana, di Aula Ahmad Dahlan Lantai 6 Gedung A UHAMKA, Jalan Tanah Merdeka, Kelurahan Rambutan, Kecamatan Ciracas, Rabu (20/9). Kuliah Umum dengan tema, “Kependudukan dan Keluarga Berencana di Perguruan Tinggi" ini, dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta DR. Dien Emawati M.Kes.

 

Hadir pada kesempatan ini Kepala Suku Dinas PPAPP Jakarta Timur Fetty Fatimah, Dekan FKIP UHAMKA Dr. Desvian Bandarsyah M.Pd dan para dosen UHAMKA. Sedikitnya 320 mahasiswa UHAMKA mengikuti kuliah umum ini.

 

Kuliah umum ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Dr. Sonny Harry B.Karmadi, Ketua Koalisi Kependudukan  yang juga Dosen Demografi Universitas Indonesia dengan materi "Pendidikan Kependudukan Bagi Mahasiswa; DR. H. Sudibyo Alimoeso MA, pakar program kependudukan, keluarga berencana dan pengendalian penduduk yang menyampaikan materi “Generasi Berencana, Generasi Harapan Bangsa; Dr. Desvian Bandarsyah M.Pd, Dekan FKIP UHAMKA, kader Muhammadiyah yang menyampaikan materi Peran Mahasiswa Dalam Optimalisasi Pemanfaatan Bonus Demografi.

 

Menurut Dekan FKIP UHAMKA Dr. Desvian Bandarsyah, keterlibatan mahasiswa dalam kuliah umum ini diharapkan dapat menyatukan pemahaman betapa isu kependudukan dan keluarga berencana menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dinaika pembangunan Indonesia di masa depan. "Selain itu kegiatan ini sekaligus mengupayakan terbentuknya kesadaran generasi penerus untuk memikirkan nasib bangsa di tengah kompleksitas persoalan kependudukan yang terus menggelayuti aspek-aspek kehidupan dibidang lainnya," ujar Desvian.

 

Sementara itu Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta DR. Dien Emawati, M.Pd mengatakan, sesuai dengan data statistik kependudukan bahwa jumlah penduduk Jakarta telah mencapai 10.193.300 jiwa. “Ketika pagi dan siang hari mencapai 12 jutaan jiwa di Jakarta dan menjadi kota terpadat penduduk ketiga didunia, untuk itu program KB di DKI Jakarta akan kita optimalkan atau diintensifkan oleh karena itu perlu pemahaman dan partisipasi yang maksimal dari para mahasiswa dalam upaya pengendalian penduduk," katanya.

 

Emawati menjelaskan, para mahasiswa harus paham tentang program kependudukan dan wajib mengikuti program kependudukan dan KB melalui program Genre (Generasi Berencana). Mereka juga diharapkan dapat aktif memberikan informasi atau mempromosikan program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Beremcana dan Pembangunan Keluarga) kepada masyatakat luas.

 

 

 

 

 

“Selaras dengan hal tersebut maka Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta meluncurkan program kuliah umum dengan materi kependudukan dan keluarga berencana yang sesuai bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA),” ujar Emawati.

 

Dirinya berharap, dengan adanya kuliah umum ini dapat memberian kontribusi dalam menghambat laju pertumbuhan penduduk di Provinsi DKI Jakarta. “Apabila program KKBPK di DKI Jakarta dapat berkembang optimal, mudah-mudahan dapat mempercepat terwujudnya keluarga kecil bahagia sejahtera dan mampu mewujudkan generasi muda yang cerdas ceria dan tetap berwawasan kependudukan, tutup Emawati.

 

Tanggal : 20 September 2017

Sumber : http://timur.jakarta.go.id/v13/news/Kesejahteraan/2840/uhamka-gelar-kuliah-umum-kependudukan-dan-keluarga-berencana​